Sabtu, November 17, 2007

Laskar Pelangi

Bismillah ...

Kereeeeennnn...
Novel yang sangat menakjubkan, brilliant ....

LASKAR PELANGI, begitu judul novel ini. Waktu ultah kemarin diberi hadiah oleh Bu Titik n setelah membacanya, tidak ada kata lain selain ITS BRILLIANT ...

Awalnya nih novel atas referensi my hunny Beby-Qu. Waktu pulang lebaran kemarin, My sist nech cerita ttg ni novel. Jd penasaran dech. Dan Alhamdulillah ada yang beliin.

Gak tau nih gimana caranya menggambarkan ttg ni novel, krisis kata-kata nih. Bagus banget sich. Banyak pelajaran yang bisa kita petik.
Yang paling Eyha sukai adalah cerita Andrea tentang kepintaran Sahabat (teman sebangkunya selama 9 tahun), LINTANG yang diungkapkan dalam bab 11. Pinter banget man. Seorang anak SD yang polos tapi telah menunjukkan qualification highly cognitive complex, dia juga memiliki an absolutely beautiful mind. Waduh pokoke keren banget dech.

Apalagi pas lomba kecerdasan yang diadakan di Tanjong Pandan. Bayangkan friends, Lintang menyabet semua pertanyaan. Padahal si penanya belum selesai membacakan soal. Menang muthlak man. Dia tidak memberikan kesempatan pada regu lain untuk berebut memencet bel. Kereeennn... Juga petualangan-petualangan lain bersama teman-temannya. Yang OK juga cerita Andrea tentang A Ling, ini bikin penasaran Eyha pengen baca buku yang diberikan A Ling pada Andrea.

Akhir cerita, Andrea dan teman-temannya sukses, tapi nasib berkata lain pada Lintang. Ia hanyalah seorang kuli saat ini. Kemiskinan dan bebannya untuk menghidupi keluarganya setelah kematian ayahnya memupus segala impiannya. Andaikan takdir berkata lain, mungkin Lintang saat ini adalah seorang Matematikawan hebat yang dimiliki bangsa ini. Andaikan dunia pendidikan qt memiliki guru-guru seperti Pak Harfan dan bu Mus, tentulah negara ini akan sangat maju pendidikannya. Akan ada banyak murid yang tidak rela jika tidak ke sekolah.
Kereeeeennn...

Kalian semua WAJIB, HARUS n KUDU baca novel ini. Inspiring, menakjubkan, brilliant...

Buat Beby, thx yah udah ngeferensiin nih novel.

Tidak ada komentar: